Mengenal Stibada di Kawasan Ampel Surabaya

Admin JSN
05 Februari 2023 | 11.23 WIB Last Updated 2023-02-15T13:21:06Z
 
Stibada di Kawasan Ampel Surabaya
ARTIKEL I JATIMSATUNEWS.COM:
SEJARAH: Sunan Ampel adalah salah satu tokoh walisongo yang sukses menyebarkan islam di Nusantara.  Strategi dakwahnya mengusung konsep  karakter : tawassuth (sikap tengah-tengah) tawazun (seimbang), I’tidal (tegak lurus) tasamuh (toleransi). Sunan Ampel mampu mewarnai dan mengajak masyarakat menjadi ummatan washatan (masyarakat harmonis atau masyarakat yang berkeseimbangan dan masyarakat yang moderat).

Tak hanya itu,  Sunan Ampel juga yang memelopori metode pengajaran melalui pondok pesantren. Sebuah konsep pengajaran berasrama yang sampai sekarang terkenal sebagai lembaga pendidikan pencetak generasi unggul penerus agama, bangsa dan negara. 

Sebagai tokoh fenomenal di zamannya, Sunan Ampel memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat di tempatnya mengajar. Jenazahnya  dimakamkan di Masjid Sunan Ampel letaknya bersandingan. Menjadi saksi sejarah yang sampai sekarang ramai dikunjungi oleh para muslim maupun non muslim. 

Masjid Agung Sunan Ampel (MASA) namanya,  merupakan salah satu peninggalan Sang Sunan,  sebagai tempat berdakwah, mengkader para ulama dan cendekiawan.

Pada tanggal 12 Dzulqodah 1403 H. bertepatan pada agustus 1983 M. Dalam rangka mengembangkan dakwah Sunan Ampel agar lebih membumi, didirikanlah Lembaga Pengajaran Bahasa Arab Masjid Sunan Ampel (LPBA MASA) sebgai lembaga resmi di bawah naungan Masjid Agung Sunan Ampel atas inisiatif Nadlir Masjid Agung Sunan Ampel KH. Nawawi Muhammad bersama salah satu tokoh masyarakat Ust. H. A. Hadi Dahlan, Lc.

 Setelah bertahun-tahun lembaga LPBA ini eksis dengan banyaknya alumni yang suskes dalam berbagai bidang terutama dalam bidang pengajaran bahasa arab dan dakwah. Maka berdirilah Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab dan Dakwah (STIBADA MASA) atas dorongan dari para Ulama, Umaro dan para pecinta Sunan Ampel sebagai wujud melestarikan tradisi dan mengembangkan inovasi.

Pada tahun 2017 STIBADA MASA resmi dibuka dan menerima mahasiswa baru lewat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1865 pada tanggal 04 April 2016. Saat ini STIBADA MASA baru memiliki satu jurusan, yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. 

Prodi Pendidikan Bahasa Arab didirikan khusus untuk mendidik dan menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang siap terjun menjadi guru bahasa Arab di jenjang pendidikan SMP/SMA sederajat, guru bahasa Arab bagi penutur asing, peneliti, praktisi, dan penulis/penyunting buku bidang bahasa Arab.

VISI
Menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab dan Dakwah yang Unggul, Berkarakter Islami Berdasarkan Nilai-nilai Luhur Sunan Ampel.

MISI
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang keilmuan bahasa arab dan dakwah yang berorientasi pada peningkatan kompetensi mahasiswa berdasarkan nilai-nilai luhur sunan ampel.

2. Melaksanakan penelitian dalam bidang keilmuan bahasa arab dan dakwah yang responsive dan relevan dengan kebutuhan masyarakat berdasarkan nilai-nilai luhur sunan ampel.

3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan membangun kemitraan yang partisipatif melibatkan semua stakeholder berdasarkan nilai-nilai luhur sunan ampel.

Ans
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengenal Stibada di Kawasan Ampel Surabaya

Trending Now