Mahasiswa KKN-T D20 Kelompok 9 Unira Malang gelar pembagian 100 bibit kepada Masyarakat di Dusun Krajan Desa Palaan

Eko Rudianto
17 Februari 2023 | 06.55 WIB Last Updated 2023-02-16T23:55:43Z

 

Mahasiswa Unira Malang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) periode 11 Januari 2023 sampai 18 Februari 2023 di Desa Palaan, kecamatan Ngajum, Malang. Kelompok KKN-T Desa Palaan mengusung tema “pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi melalui program Ketahanan Pangan Desa dan Mitigasi Bencana”. Membagikan bibit kepada masyarakat di dusun Krajan Desa Palaan ini merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-T D20 Kelompok 9 adalah sebagai wujud aksi nyata mahasiswa dalam pengabdian ke masyarakat, dan juga meningkatkan ketahan pangan masyarakat dari nabati, yaitu tumbuhan bibit serai dalam serai dalam polybag. Membagikan bibit serai ini merupakan usulan dari Pak Hadi selaku kepala RT 03 di Dusun Krajan ini. Pak Hadi selaku kepala RT Beliau mengatakan “kalau untuk ketahanan pangan mungkin bisa dengan memanfaatkan bibit serai, di tanam di polybag, untuk bibit nya silahkanmas mbal mahasiswa cari sendiri sementara untuk pupuk dari rumah saya saja, nanti saya siapkan, kalau bibit serai insyaAllah bermanfaat dan mudah juga untuk di rawat”.

Program pembagian bibit serai ini di awali dengan menyiapkan bibit serai serta media tanamnya. Bibit - bibit serai di dapat dari teman – teman Mahasiswa yang mempunyai tumbuhan serai dirumahnya masing – masing. setelah bibit serai terkumpul, bibit serai di tanam di halaman posko tim KKN terlebih dahulu sembari media tanam yang masih dipersiapkan. Media tanam yang kami butuhkan yaitu: Kantong Polybag, Tanah dan juga Pupuk. Setelah semua kebutuhan media tanam lengkap Tim KKN bersama Kepala RT Mengadahi Tanah yang di campur dengan pupuk kedalam kantong Polybag. Setelah media tanam siap dipakai, bibit serai di cabut dari tanah dan dimasukkan ke dalam kantong polybag yang sudah terisi tanah dan pupuk. tiap kantong polybag di isi 1-2 bibit serai sehingga total Kantong polybag bibit serai adalah 128 buah kantong polybag bibit serai.

Pada hari selasa, 14 Februari 2023 Tim KKN bersama Kepala Desa melaksanakan kegiatan inti yaitu membagikan bibit serai kepada masyarakat di dusun Krajan. Pembagian bibit serai dibagi menjadi 3 tim, tim pertama adalah membagikan bibit serai di Rumah warga di sebelah barat, tim ke dua membagikan bibit serai di sebelah selatan, dan tim ke tiga membagikan bibit serai di sebelah utara. Dari pembagian bibit serai ini tim KKN mendapat respons dan apresiasi baik dari masyarakat. Harapan dari Tim KKN semoga bibit yang diberikan dapat bermanfaat dan dapat di budidayakan dari rumah masing-masing,  

Penulis: Mahmudah Qolbiyatus Syifa

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKN-T D20 Kelompok 9 Unira Malang gelar pembagian 100 bibit kepada Masyarakat di Dusun Krajan Desa Palaan

Trending Now