Workshop Jurnalistik, Siswa SMAN I Turen Hasilkan 10 Berita Hanya dalam Waktu 3 Jam

Anis Hidayatie
27 Januari 2023 | 20.20 WIB Last Updated 2023-01-28T11:15:28Z
Siswa SMAN I Turen Berhasil Membuat 10 Berita dalam Waktu 3 Jam Kegiatan 

MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Workshop Jurnalistik bertema Menulis Straight News untuk Pemula diadakan civitas SMAN 1 Turen hari ini Jumat 27/1/2023.

Dibuka oleh Kepala SMAN 1 Turen Eny Retno Diwati yang memberikan pesan agar siswa belajar menjadi jurnalis yang baik, tidak membuat berita fitnah acara berlanjut dengan pemaparan tentang straight news dan praktik. 

"Ikuti kelas jurnalistik ini dengan baik. Serap ilmu bu Anis. Jadilah jurnalis yang kompeten,  menulis berita berdasarkan kebenaran fakta,  bukan fitnah- fitnah belaka, sebab fitnah yang ditulis akan menjadi dosa jariyah," ungkap Kepala SMAN 1 Turen di hadapan siswa berjumlah 42 peserta. 

Materi Straight News atau berita langsung diberikan Anis Hidayatie sebagai Tutor usai Kepala Sekolah memberi sambutan. 

"Berita langsung atau straight news adalah deskripsi peristiwa yang singkat, ringkas, langsung, dan lugas. Itu ditulis dengan gaya yang menggambarkan peristiwa apa adanya tanpa menambahkan penjelasan atau interpretasi," ungkap Anis. 

Tugas meliput langsung kegiatan atau kejadian menjadi agenda berikutnya. Anis membagi per kelompok, setiap kelompok terdiri dari maksimal 5 orang yang diharuskan meliput untuk kemudian ditulis dalam berita. 

Penjelasan tentang outline menulis berita langsung yang harus dilakukan jurnalis sebelum menulis berita disampaikan Anis.

"Adalah 5 W plus 1 H yang menjadi acuan.  5W 1H adalah sebuah metode yang dilakukan guna mendapatkan informasi secara lebih kaya dan mendalam. Caranya dengan memenuhi atau menanyakan setiap unsur dari 5W 1H tersebut kepada narasumber," jelasnya seraya menjelaskan masing-masing.

What : Apa yang terjadi?
Who : Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu?
Why : Mengapa hal itu bisa terjadi?
When : Kapan peristiwa itu terjadi?
Where : Di mana peristiwa itu terjadi?
How : Bagaimana peristiwa itu terjadi?

"Dengan memenuhi semua unsur 5W 1H, pokok informasi dalam penulisan berita akan jauh lebih lengkap," imbuhnya. 

Sesudah siswa mengaku paham, Anis memberikan tema yang harus diangkat menjadi berita. 

"Mari praktik membuat berita. Harus jadi sebelum acara berakhir. Pertama, tema pintu gerbang yang dijaga 2  Satpam perempuan dan 5 laki-laki,  kedua guru tatib,  ketiga kepala sekolah, keempat kantin, kelima gazebo indah,  keenam kelas olah raga yang sarat prestasi, ke tujuh basket, kedelapan safety riding, ke sembilan Green house dan kesepuluh tentang basket," ujar Anis. 

Mengingat Jumat, Anis langsung meminta siswa untuk terjun mengadakan liputan dan membuat berita. Antusias, siswa percaya diri hunting mencari berita dan menulis. 

Sekitar 1 jam siswa berburu, dari 3 jam waktu yang diagendakan siswa telah kembali ke Graha Srikandi, ruang utama pelaksanaan workshop. Lanjut menulis berita. Tak sampai sejam kegiatan usai. Semua berhasil. Hanya 3 Jam para siswa berhasil menulis 10 berita.  

Terhadap hasil tulisan siswa tersebut selanjutnya Anis mengagendakan akan membukukannya. Ber ISBN agar bisa tersebar ke seluruh Indonesia.

"Bismillah insya Allah karya siswa ini akan kita bukukan. Sementara judulnya mungkin Contoh-contoh Straight News ala Siswa SMA," cetus Anis usai mengevaluasi hasil-hasil karya siswa. 

Tentang kegiatan tersebut salah satu peserta menyatakan senang ada kegiatan workshop  jurnalistik.

"Saya senang, jadi tahu kegiatan wartawan itu seperti apa. Bisa mengerti cara menulis berita dengan cepat dan benar, "ungkap salah satu siswi bernama Fiza. 

Berlangsung hingga pukul 11.30 acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan foto bersama. (Ans) 





Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Workshop Jurnalistik, Siswa SMAN I Turen Hasilkan 10 Berita Hanya dalam Waktu 3 Jam

Trending Now