Rancangan Isu Menarik untuk Penerbitan Majalah SMP

Anis Hidayatie
22 Januari 2023 | 02.09 WIB Last Updated 2023-01-22T01:42:58Z
Rancangan Isu Menarik untuk Penerbitan Majalah SMP 

MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Sebuah sekolah menengah di SMP Kabupaten Malang telah mendatangkan redaksi senior ke sekolahnya untuk berbagi ilmu jurnalistik. Pambudi Utomo, Redaksi Senior Majalah Suara Hidayatullah Pusat, share ilmu Jurnalistik untuk Redaksi Majalah SMP Integral Arrahmah Tahfidz Malang pada Sabtu, 21 Januari 2023. 

Presentasi ilmu jurnalistik dilakukan di ruang kelas Tujuh Fuqaha dari Jam 09.30 sampai selesai. Ust. Nur Cholis, Kepala Sekolah dalam sambutan menyampaikan isu-isu menarik yang rencananya akan diangkat dalam majalah. 

"Isu-isu menarik yang akan diangkat dalam berita Majalah SMP Integral Arrahmah Tahfizh adalah UKP, Program Madrasatu Qur’an (MQ), Kelas Cambridge internasional, Berita Ekstra kurikuler, Kegiatan Pandu Hidayatullah, Prestasi lomba-lomba, Kegiatan Sekolah SMP, Generasi Imamul ummah, KQSL, Ekstra Kurikuler Jurnalistik khususnya," ungkap Kepala Sekolah. 

Sementara itu, Pambudi Utomo di awal presentasi dan sambutannya menyampaikan bahwa sudah sekitar Duapuluh Lima tahun, separoh lebih dari usianya untuk berkiprah dalam dunia jurnalistik. 

"Hampir seluruh wilayah Indonesia, Beberapa negara sudah dikunjunginya dalam rangka tugas tugas jurnalistik; antara lain Mesir, Yaman, Dubai dan lain-lain, " cetus Pambudi. 

Beberapa keuntungan dari penerbitan Majalah disampaikan, antara lain sebagai media komunikasi dengan segenap Wali santri , sebagai wadah kreatifitas santri dan para guru atau ustadz, sebagai pembelajaran berorganisasi, sebagai sarana publikasi ke masyarakat, dan sebagai Porto folio dan promosi selanjutnya. 

Menyebut Langkah-langkah yang perlu diambil dalam hal penerbitan majalah baik dalam bentuk cetak maupun digital antara lain adalah menghimpun santri dan guru, menyatukan ide dan gagasan, membentuk susunan redaksi, membuat semacam proposal, membuat rancangan majalah, mencari dan menentukan mitra. 

Langkah menentukan tema adalah langkah prioritas dan penting dengan kriteria yang menarik, bermanfaat, tersedianya data, dan Batasan tertentu. Gaya Bahasa perlu yang komunikatif, mudah dimengerti, akrab, tidak terlalu formal, Bahasa pergaulan yang lagi ngetrend. 

Hadir dalam acara ini  selain Kepala SMP juga perwakilan siswa Mahathir Muhammad sebagai PJ Minat dan Bakat Seluruh Santri SMP Integral. 

Kontributor: Makkinudin
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rancangan Isu Menarik untuk Penerbitan Majalah SMP

Trending Now