Maha Astra Otoparts Dimulai, Sholat Jangan Hanya STMJ

Anis Hidayatie
12 Januari 2023 | 18.26 WIB Last Updated 2023-01-12T16:13:36Z
Jamaah Maha Astra Otoparts Dimulai, Sholat Jangan Hanya STMJ 
SIDOARJO I JATIMSATUNEWS.COM: Maha dimulai, merupakan akronim dari Managemen Hati kegiatan tersebut dilakukan untuk karyawan PT Astra Otoparts TBK. Sebuah kegiatan rutin tausiyah yang sempat vakum karena pandemi kini dimulai lagi, 11/1/2023.

 Berlangsung pagi hari, kegiatan dilaksanakan di ruangan loby PT Astra Otoparts Tbk, Jl. Surowongso desa Karangbong no. 359 RT 04 RW 01 kecamatan Gedangan kabupaten Sidoarjo pada Kamis pagi pukul 06.00 WIB tanggal 11 Januari 2023. 

 MAHA, Manajemen Hati. Begitulah istilah yang dikenal untuk acara tausiah atau pengajian yang diselenggarakan oleh PT Astra Otoparts bagi karyawan dan staf yang mengikuti acara ini. 

 Muballigh yang berkesempatan untuk memberi tausiah kali ini adalah ustadz Lukman Hakim. Beliau yang juga menjabat sebagai ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sidoarjo mengajak peserta tausiah untuk bermuhasabah, berkalkulasi, menghitung diri dalam rangka mempersiapkan kehidupan yg lebih baik di hari esok. 

 Secara Bahasa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), muhasabah artinya introspeksi diri. Dalam konsep Islam, muhasabah atau introspeksi diri merupakan satu kunci kemuliaan dan kebersihan diri seorang muslim.

 Muhasabah adalah memperhatikan dan merenung hal-hal baik dan buruk yang telah dilakukan. Termasuk memperhatikan niat dan tujuan suatu perbuatan yang telah dilakukan, serta menghitung untung dan rugi suatu perbuatan. Dengan muhasabah, maka seseorang akan lebih bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi masa depan yang lebih baik. Karena ciri seorang muslim yang baik sejatinya adalah muslim yang pribadinya lebih baik dari kemarin. 

 Lebih lanjut ustadz Lukman menerangkan bahwa salah satu bentuk muhasabah yaitu dengan memperbaiki sholat. Sholat adalah ibadah wajib yang dikerjakan 5 waktu dalam sehari semalam yang kelak perhitungan pertanggungjawaban di hari akhir nanti menjadi amalan ibadah pertama yang dihisab. 

Dengan menetapi rukun, syarat dan waktu pelaksanaan dengan baik sesuai syariat, maka sholat akan menjadi tameng dalam menjalani kehidupan. 

 "Sholat itu jangan sampai menjadi semata STMJ, sholat terus maksiat jalan, tetapi harus bisa mencegah dari kemungkaran dan kemaksiatan", pesannya. 

Hal ini sejalan dengan semangat muhasabah, yaitu menjadikan pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.Achmad Chusnul Yakin , karyawan PT Astra Otoparts Tbk yang pada kesempatan kali ini didapuk menjadi host atau panitia MAHA menilai positif kegiatan ini. 

"Menambah wawasan lebih, terutama dalam hal religi yang selanjutnya akan mempengaruhi semangat spriritual karyawan demi meraih kemajuan kehidupan ke depan ", jelasnya. Lee/Imm
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Maha Astra Otoparts Dimulai, Sholat Jangan Hanya STMJ

Trending Now