Lolos Seleksi Administrasi PPPK 2022, Lanjut Atau Terus Waspadai Sangsi

Anis Hidayatie
20 Januari 2023 | 09.39 WIB Last Updated 2023-01-20T04:54:43Z
Foto hanya ilustrasi , guru-guru Himpaudi Wonorejo Pasuruan bersama M Zaini 
ARTIKEL I JATIMSATUNEWS.COM: Lolos Seleksi Administrasi PPPK  tak lantas bikin senang senang. Lanjut Atau Terus Waspadai Sangsi.

Sederet harapan digantungkan pelamar PPPK saat akan upload berkas ikut seleksi. Biasanya, masalah utama terletak pada besaran gaji yang akan diterima sekaligus status yang bukan PNS seperti bayangan umum dengan fasilitas pensiun.

 Alasan mundur bagi para PPPK guru yang telah lolos seleksi tentu saja bermacam-macam. Mungkin karena penempatan yang tidak sesuai dan lain sebagainya. Pasalnya di beberapa daerah, seperti di Wonogiri, terdapat guru yang diangkat sebagai PPPK yang kemudian ditugaskan di luar daerah. Sehingga hal tersebut memberatkan bagi nama yang bersangkutan.

 Selain itu, pilihan mundur tentu saja banyak hal yang melatarbelakangi. Buktinya, di tahun 2022 terdapat 400-an PPPK yang tersebar di berbagai daerah memilih mundur dari jabatan yang telah didapatkan tersebut. Para guru yang telah dinyatakan lolos seleksi PPPK kemudian memilih mundur ini bisa mendapatkan sanksi yang cukup berat. Di antara hukuman yang akan diterima adalah dilarang mengikuti seleksi PPPK selama satu periode dan juga terdapat sanksi dari lembaga tempat guru tersebut bekerja.

 Terkait sanksi bagi PPPK guru yang mengundurkan diri sebenarnya sudah ada regulasinya yang jelas. Peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 28 Tahun 2021. Nah, bagi yang sudah melamar sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan status PPPK atau yang saat ini sudah lolos seleksi administrasi harus tahu peraturan terkait sanksi mengundurkan diri PPPK ini.

 Penjelasan BKN terhadap hal ini, di dalam peraturan yang telah disebutkan di atas, jika Anda sudah lolos seleksi tahap akhir PPPK serta sudah mendapat nomor induk PPPK kemudian memilih mundur, maka sanksi yang bisa didapatkan adalah larangan untuk mengikuti seleksi PPPK di tahun berikutnya. Misalnya, Anda mengundurkan di tahun ini, maka dalam seleksi PPPK di masa yang akan datang, dilarang untuk mengikutinya. 

 Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama (BHHK) Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Satya Pratama.

 “Langsung ditolak SSCASN,” tegasnya seperti dikutip dari CNN Indonesia.

 SSCASN sendiri merupakan portal resmi dalam proses penerimaan PPPK. Melalui halaman tersebut, para peserta yang akan mendaftar PPPK harus membuat akun dan memasukkan sejumlah data. Melalui portal tersebut pula, seluruh informasi terkait info PPPK akan disampaikan. 

 Dan sanksi yang akan diterima oleh pegawai PPPK yang mengundurkan diri setelah mendapatkan NIP atau NIPPPK lebih berat lagi. Selain dilarang mengikuti seleksi PPPK di periode berikutnya juga terdapat sanksi tambahan dari instansi tempat yang bersangkutan bertugas.

 Dengan status lolos seleksi administrasi PPPK 2022, apa yakin masih mau maju? Lantas seperti apa bayangan lolos seleksi administrasi PPPK 2022? Diketahui, Kemenag RI telah menetapkan 75.083 orang dinyatakan lolos seleksi administrasi PPPK Kemenag 2022. Jumlahnya banyak.

 Kompetitornya banyak. Padahal, PPPK Kemenag 2022 hanya membuka formasi sebanyak 49.549. Yang lulus pasti memenuhi syarat administrasi. 

Itu sesuai dengan pengumuman Nomor P-6072/SJ/B.II.2/KP.00.1/12/2022 tanggal 20 Desember 2022 tentang Pelaksanaan CPPPK Kemenag 2022. Jalan panjang pun menanti. Yang sudah lulus seleksi administrasi PPPK Kemenag 2022 masih ditunggu seleksi kompetensi. 


 Tesnya menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dan Tes Moderasi Beragama dengan CAT. Kartu tanda peserta ujian nantinya dicetak pelamar yang dinyatakan lulus Keputusan mereka untuk mundur tentu secara tidak langsung membuat negara merugi.

 Pasalnya, formasi yang seharusnya telah terisi kini menjadi kosong. Belum lagi ditambah dengan alokasi anggaran yang dikeluarkan. (Ans)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lolos Seleksi Administrasi PPPK 2022, Lanjut Atau Terus Waspadai Sangsi

Trending Now