Cegah PMK, Polres Ngawi lakukan Pendampingan Vaksinasi Massal di Pasar Hewan

Admin JSN
30 Januari 2023 | 09.10 WIB Last Updated 2023-01-30T02:10:46Z
 
Cegah PMK, Polres Ngawi lakukan Pendampingan Vaksinasi Massal di Pasar Hewan

NGAWI I JATIMSATUNEWS.COM: Guna mencegah dan mengendalikan penyebaran wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) di wilayah Ngawi maka Polres melaksanakan monitoring pengecekan dan pendampingan vaskinasi hewan ternak di pasar hewan, Senin (30/1/2023)

Pasar hewan terbesar yang terletak di pasar Legi berada di Desa Kandangan Kecamatan/Kabupaten Ngawi, berada dalam wilayah hukum Polsek Ngawi Kota dengan Kapolseknya AKP Suyadi, SH.

Adapun maksud dan tujuan giat vaksinasi massal hewan ternak sapi adalah untuk menanggulangi penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak.

Sesuai petunjuk Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H melalui Plt Kasi Humas Iptu Dian yang menyatakan bahwa, "Vaksinasi massal hewan ternak bertujuan untuk menanggulangi penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak, dengan sasaran sapi guna mencapai kekebalan komunitas (hert immunity)."

Vaksin yang digunakan berjenis Aftogen dengan team vaksinator dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi dengan sasaran semua hewan ternak sapi yang belum divaksin di pasar hewan Kandangan

Iptu Dian mengatakan pengecekan kesehatan dan pendampingan vaksinasi hewan ternak sapi sangat membantu para peternak sapi di pasar hewan untuk mengurangi rasa khawatir akan terjangkit penyakit PMK yang menular pada sapi. 

“Polisi bersama petugas hingga jajaran TNI dan Instansi terkait berkolaborasi bersama melakukan vaksinasi massal terhadap hewan ternak tersebut,” terangnya ketika dikonfirmasi

Drh. Sri Wahyu Budi Utami yang melaksanakan vaksinasi tersebut juga mengimbau, agar warga tidak perlu panik dan merasa takut untuk melapor ke petugas apabila hewan ternak mereka mengalami penurunan kesehatan dengan ciri – ciri keluar air liur berlebihan, lepuh pada gusi, luka pada kuku atau kuku terlepas, lepuh pada mukosa mulut, lepuh di lidah karena dari Dinas Peternakan dan Pertanian siap membantu memberikan pertolongan dengan obat dan vitamin.

"Jangan khawatir dan tidak perlu panik bila menemui gejala seperti yang saya sebutkan tadi, segera lapor pada kami maupun pak polisi," tutur Drh Sri.

Selama melaksanakan vaksinasi di pasar hewan Kandangan, berjalan lancar dan aman

"Alhamdulillah pelaksanaan vaksinasi di pasar hewan berjalan dengan lancar dan aman," jelas AKP Suyadi, selaku Kapolsek Ngawi Kota.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cegah PMK, Polres Ngawi lakukan Pendampingan Vaksinasi Massal di Pasar Hewan

Trending Now