Tiga Metode Dipaparkan Menwa UNISMA Saat Pelatihan di Malang

Admin JSN
27 Desember 2022 | 06.54 WIB Last Updated 2022-12-27T15:13:25Z
Saat Tutup Program Kerja 2022 Menwa UNISMA Berikan Pelatihan Melalui Wasbang SMP Se-Malang Raya
MALANG I
JATIMSATUNEWS.COM: TUTUP PROGRAM KERJA 2022 MENWA UNISMA BERIKAN PELATIHAN BELA NEGARA MELALUI WASBANG SMP SE KAB/KOTA MALANG 

Senin, 26 Desember 2022 pukul 08.00 WIB, Satuan Resimen Mahasiswa 836/Macan Putih Universitas Islam Malang tutup program kerja periode 2022 dengan adakan Kerjasama dan pelatihan dengan alumni menwa unisma yang saat ini bekerja di salah satu industri pertahanan di bawah KEMHAN RI ( Kementerian Pertahanan Republik Indonesia)dalam mengadakan pemberian pelatihan Bela Negara melalui Wawasan Kebangsaan.


Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SMP Ar-Rohmah dengan diiukuti oleh 326 siswa SMP Ar-Rohmah dan diikuti oleh 113 perwakilan siswa pilihan dari berbagai SMP di Jawa Timur secara daring melalui Zoom Meeting seperi SMPN 2 Sumbermanjing, SMPN 27 Malang, SMPN 1 Malang, SMPN 16 Malang dan masih banyak lagi.


Dibuka oleh kepala sekolah SMP Ar-Rohmah Syarif Hidayatullah, beliau menyampaikan dalam pesannya saat memberikan amanat bahwa dirinya sangat senang karen untuk kesekian kalinya Menwa Unisma Kembali berkolaborasi dengan SMP Ar-Rohmah terlebih lagi Menwa Unisma memberikan dampak yang positif bagi siswa, guru dan nama baik sekolah
Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.20 WIB dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Aldhan Wahyu Samdiagha selaku Komandan Satuan Menwa Unisma dan Zeby Agustian,S.H, C.IRP Kepala Biro Kontrak Dan Aset di salah satu Industri Pertahanan di bawah KEMHAN RI ( Kementerian Pertahanan Republik Indonesia) yang merupakan alumni menwa unisma memaparkan Materi dengan 3 metode yakni pemahaaman dasar berupa penjelasan, pemahaman lanjutan melalui tanya jawab dan pemahaman akhir melalui pemberian soal atau quiz diikuti penalaran singkat dan praktek dalam suasana serius dan santai. Materi yang disampaikan berupa materi 4 pilar kebangsaan, ATHG Negara Indoenesia dan pentingnya bela negara sejak dini. 

Selama 3 jam 20 menit, peserta sangat antusias terlebih materi yang disampaikan kepada siswa dilakukan dengan metode khusus sehingga mudah dipahami dan dicerna oleh peserta pelatihan. 

Materi yang disampaikan juga berupa Animasi dalam power point, Vidio pembelajaran dan teka-teki singkat yang menggugah peserta untuk aktif dan bertanya
Menurut Zeby Agustian,S.H,.C.IRP selaku pemateri yang merupakan alumni Menwa Unisma menyampaikan bahwa pentingnya penanaman cinta tanah air dilakukan sejak dini sebagai pondasi siswa dalam membentengi diri dari sikap radikalisme, individualisme, apatisme serta gangguan lain yang dapat merusak pemuda bangsa. Selain itu dirinya juga menyampaikan terimakasih kepada SMP Ar-Rohmah dan Menwa Unisma khususnya karena telah membantu dalam mewujudkan pelatihan bela negara ini.

Secara umum kegiatan berjalan dengan lancar dan mudah-mudahan kegiatan semacam ini, Kerjasama semacam ini tetap terjalin dimasa yang akan datang antara SMP Ar-Rohmah dan juga Menwa Unisma bersama mitra lainnya. (Ans) 




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tiga Metode Dipaparkan Menwa UNISMA Saat Pelatihan di Malang

Trending Now