Giat Sosial FKKS dan Forpincam Robatal Sambang ODGJ

Admin JSN
01 November 2022 | 20.58 WIB Last Updated 2022-11-01T13:58:47Z


SAMPANG I
JATIMSATUNEWS.COM: Forum Komunikasi Kecamatan Sehat ( FKKS ) Robatal bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ( TP PKK ) Kecamatan Robatal dan Fokopimcam (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) Robatal melakukan giat bakti sosial dan menyambangi Ibu Tirah (56) dan Cucunya yang sedang menderita ODGJ, di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang. Selasa, 01/11/2022.

Tirah (56) dan Cucunya penderita ODGJ Umar (35), Umar anak semata wayang, yang ke dua orang tuanya broken home ( kurang harmonis/cerai ), jadi dia dirawat oleh mbahnya Tirah (56) dan pamannya Buderi (41). Umar yang sebelumnya normal sebagai remaja semestinya, dan dia juga sempat menginjakkan kaki ke negeri Jiran Malaysia ( bekerja ). Umar sekarang mengalami Skizofrenia ( gangguan jiwa) kurang lebih 1 tahun selepas dirinya pulang dari Malaysia, sehingga dia harus di rawat oleh keluarganya yakni Mbah dan paman, tapi Mbah yang merawatnya juga mengalami sakit, akibat tetanus yang dialaminya dan saat ini keadaannya masih terbaring lemas dan sempat melakukan pengobatan, namun dengan keadaan tetap tak memungkinkan (sakit) sehingga Umar kurang mendapatkan perhatian khusus dari keluarga.

" Umar itu tidak sakit sebelumnya dia sehat, tapi pas pulang dari Malaysia dia sakit-sakitan, kedua orang tuanya berpisah, jadi saya dan pamannya yang merawat umar, Umar sudah setahun yang mengalami gangguan jiwa, jadi saya berharap ada penanganan lebih lanjut terhadap Umar, tapi Umar nya tidak ada dirumah pak , mungkin dia lagi di jalan," ucap Tirah.

Lebih lanjut Buderi mengatakan "Dia jalan pulang pak, ya namanya juga orang gila, Umar jarang minum obat, karna mbah nya juga sakit, kalau sama saya Umar lari ketakutan, jadi mau gimana lagi, jika kedatangan Pak Camat dan semua berniat mau mengobati ponakan saya , saya ikut senang , dan bagaimana baiknya buat Umar," sambungnya.

Kegiatan tersebut, di pimpin langsung Sunarto Camat Robatal didampingi oleh istri tercinta Sri Hartini, serta beberapa jajaran mulai dari Kapolsek Robatal Iptu Bobby Wirawan Wicaksono Elzam, Tim FKKS Kecamatan Robatal, TP PKK Kecamatan Robatal, Koramil dan Tim Puskesmas Robatal.

"Kegiatan sosial ini merupakan kerjasama dari FKKS Kecamatan Robatal dan bentuk nyata hadirnya pemerintah, khususnya Forkopimcam Robatal dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat," terang Sunarto 

"Intinya kegiatan ini juga saya layangkan , sampai terjun langsung ke rumah warga, karna bagi saya pribadi bentuk rasa peduli saya terhadap warga saya, dan kegiatan ini saya terapkan ketika saya mendapatkan aduan dari FKKS Kecamatan Robatal dan Masyarakat, jadi saya langsung sambangi melihat kebenarannya, Al hasil benar bahwa di desa jelgung ada warga saya yang mengalami gangguan kejiwaannya," ucapnya 

Setelah melakukan penelusuran perihal warga yang mengalami ODGJ, Forkopincam akan melakukan tindakan lebih lanjut , ingin menangani Tirah guna mendapatkan perawan yang lebih intensif yang melalui puskesmas Robatal dan akan segera melakukan tindakan juga terdapat Umar.

" Ya kami akan segera menangani ibu ini, biar cepat sembuh, dan untuk Umar kita juga akan melakukan penelusuran kembali, dan pastikan Umar juga ada dirumahnya, kita juga ingin mengobati Umar secara medis di Puskesmas Robatal, jika hal tersebut kami gagal, maka kita selaku pelaksana akan mengirim Umar kerumah sakit jiwa menur Surabaya, biar ada penanganan yang lebih maksimal, siapa tau ada kesempatan Umar untuk sembuh kembali normal," tutupnya.

Di tempat yang sama Jauzi selaku ketua FKKS Kecamatan Robatal, mengucapkan banyak terimakasih kepada TP PKK dan Forkopimcan Robatal karena siap membantu ibu Tirah.

"Kami dari FKKS Kecamatan Robatal akan terus memantau dan mengawal ibu Tirah ini, supaya mendapatkan pengobatan atau pelayanan yang semestinya, " tuturnya.


Fach
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Giat Sosial FKKS dan Forpincam Robatal Sambang ODGJ

Trending Now