19 Shampo Diduga Picu Kanker Ditarik AS, 2 Merek Punya Ijin Edar di Indonesia

Admin JSN
29 Oktober 2022 | 06.40 WIB Last Updated 2022-10-28T23:40:24Z
19 Shampo Diduga Picu Kanker Ditarik AS, 2 Merek Punya Ijin Edar di Indonesia
ARTIKEL I JATIMSATUNEWS.COM: Menyusul dugaan adanya Paparan benzema, baik melalui inhalasi, oral, maupun kulit yang dapat mengakibatkan kanker, termasuk leukemia, kanker darah dan sumsum tulang belakang, sampai gangguan darah yang dapat mengancam jiwa, FDA menarik sejumlah produk Shampo dari peredaran.

Dalam hal ini Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) mengumumkan bahwa Unilever Amerika Serikat (AS) melakukan penarikan sejumlah produknya, termasuk dari sejumlah merek seperti Dove, Nexxus, Suave, TIGI, hingga TRESemme. Beberapa merek 2 diantaranya yakni Dove dan TRESemme cukup dikenal di Indonesia. 

Penarikan produk Unilever AS ini dilakukan karena ada potensi peningkatan kadar benzema. Adapun benzema merupakan senyawa yang bersifat karsinogen manusia.

Sedangkan di Indonesia tidak ada dampak apalagi sampai menarik produk. Hal ini karena Indonesia bukan dari bagian penarikan shampo kering atau dry shampoo. 2 Merek yakni Tresemme dan Dove memang punya ijin edar di Indonesia akan tetapi dry shampoo tidak diedarkan di Indonesia.

"Unilever AS dan Kanada secara sukarela menarik kode lot produksi spesifik dari dry shampoo, bukan sampo cair, yang diproduksi sebelum Oktober 2021 sebagai upaya kehati-hatian setelah penyelidikan internal mengidentifikasi adanya peningkatan kadar benzena," kata Kristy Nelwan, Head of Communication PT Unilever Indonesia dalam keterangan tertulis sebagaimana dirlis detik finance, Rabu (26/10/2022).

Kristy menambahkan, Unilever tidak menggunakan benzena sebagai bahan, serta menerapkan standar keamanan yang tinggi secara global yang membatasi jumlah jejak benzena yang dapat terjadi karena keberadaan alaminya dalam bahan baku tertentu.

Unilever Indonesia menyatakan selalu mematuhi peraturan yang ditetapkan pemerintah. Ini demi memastikan produk yang beredar aman digunakan.


Berikut daftar produk Unilever AS yang ditarik:

Dove Dry Shampoo Volume and Fullness
Dove Dry Shampoo Fresh Coconut
Dove Dry Shampoo Fresh and Floral
Dove Dry Shampoo Ultra Clean
Dove Dry Shampoo Invisible
Dove Dry Shampoo Detox and Purify
Dove Dry Shampoo Clarifying Charcoal
Dove Dry Shampoo Go Active
Nexxus Dry Shampoo Refreshing Mist
Nexxus Inergy Foam Shampoo
Suave Dry Shampoo Hair Refresher
Suave Professionals Dry Shampoo Refresh and Revive
Tresemme Dry Shampoo Volumizing
Tresemme Dry Shampoo Fresh and Clean
Tresemme Pro Pure Dry Shampoo
Bed Head Oh Bee Hive Dry Shampoo 
Bed Head Oh Bee Hive Volumizing Dry Shampoo
Bed Head Dirty Secret Dry Shampoo
Bed Head Rockaholic Dirty Secret Dry Shampoo
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 19 Shampo Diduga Picu Kanker Ditarik AS, 2 Merek Punya Ijin Edar di Indonesia

Trending Now