Minggu Pagi Bromo Marathon, Tua Muda Penuhi Jalanan Tosari

Admin JSN
11 September 2022 | 12.57 WIB Last Updated 2022-09-11T08:29:50Z

PASURUAN I
JATIMSATUNEWS.COM:
Event lari Bromo Marathon yang ke-8 akan kembali digelar pada 11 September 2022. Dan tahun ini akan ada kategori untuk anak-anak.

Di tahun 2020, untuk pertama kalinya Bromo Marathon mengubah format perlombaan menjadi Virtual Remote Run. Dan tahun 2022 ini Bromo Marathon akan kembali mengadakan event lari tahunan ini secara langsung dengan kehadiran fisik di venue bagi para peserta yang sudah terdaftar.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf hadir dengan di temani Camat Tosari Edy Priyanto, dalam kesempatannya Gus Irsyad sapaan akrab Bupati Pasuruan mengatakan, event ini menjadi peluang mendorong percepatan pemulihan ekonomi masyarakat dan kunjungan wisatawan.

“Kami bersyukur dengan adanya Plataran Bromo, kegiatan pariwisata semakin maju di Pasuruan, khususnya di Tosari,” kata Gus Irsyad Yusuf selaku Bupati Pasuruan.

Event tahun ini akan menyuguhkan 5 (lima) kategori lomba diantaranya 1. Bromo Marathon (42.195 km), 2. Half Marathon Bromo (21,097 km), 3. Bromo 10K, 4. Bromo 5K, 5. Bromo untuk Anak-Anak 2,5K.

"Kategori yang dilombakan akan banyak menyuguhkan pemandangan alam paling indah dan elok yang ditawarkan. selain melewati beberapa situs adat yang tenang dan suku Tengger yang unik di sepanjang jalan. Semua jalur menyediakan keragaman medan yang menantang dengan setengah rute di jalan beraspal dan setengah di jalan tanah dengan ketinggian bervariasi dari 1950m hingga 2750m," papar Dedy.

Adapun rute dan jalur marathon tahun ini cukup menantang dan menyajikan pemandangan menakjubkan yang menjadi ciri khas kawasan sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

“Tahun ini, gelaran Bromo Marathon menargetkan lebih dari 2.000 orang pelari dari 20 negara dan 7.500 penonton,” kata Dedi Kurniawan selaku Founder Galanesia dan pencetus Bromo Marathon.

Lima bulan Menjelang perlombaan, Bromo Marathon ke 8 yang akan segera berlangsung tahun ini dengan pertunjukan Tengger Arts & amp; Festival Budaya tentunya akan memeriahkan tahun ini dengan menampilkan kekayaan budaya Tengger melalui berbagai lagu dan tarian yang menceritakan kisah tradisional Tengger.

"Bromo Marathon merupakan event yang lebih dari sekedar perlombaan, dan ini merupakan upaya total masyarakat, yang didirikan oleh masyarakat setempat untuk mengadakan acara yang bertujuan meningkatkan pendidikan, kesehatan, dan kemakmuran ekonomi di wilayah Tengger," bebernya.

Perlombaan dimulai pada pukul 07.00 wib pada pagi hari tadi Minggu, 11 September. Bromo Marathon tidak hanya sekedar ajang perlombaan, Bromo Marathon merupakan upaya total masyarakat, yang diadakan oleh masyarakat setempat untuk meningkatkan pendidikan, kesehatan, dan kemakmuran ekonomi di wilayah pegunungan Tengger. Kategori yang dilombakan akan banyak menyuguhkan pemandangan alam paling indah dan elok yang ditawarkan. Selain melewati beberapa situs adat yang tenang dan suku Tengger yang unik, jalur lari juga menyediakan keragaman medan yang menantang dengan ketinggian bervariasi dari 1950m hingga 2750m.

Fach/Ans/Zain

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Minggu Pagi Bromo Marathon, Tua Muda Penuhi Jalanan Tosari

Trending Now