Meruwat Kebhinekaan, Keduk Beji Desa Tawun Ngawi Gelar Rutinan Budaya

Admin JSN
06 September 2022 | 21.37 WIB Last Updated 2022-09-06T14:37:04Z
NGAWI I 
JATIMSATUNEWS.COM: Tradisi Keduk Beji kembali dilakukan masyarakat desa Tawun Kecamatan Kasreman, Selasa (06/09/22). Acara rutinan setiap bulan Safar ini digelar di kawasan Wisata Pemandian Tawun, Kasreman. Terlihat antusias warga setempat dalam kegiatan budaya tersebut.

Pejabat Pemerintah Kabupaten Ngawi yang menghadiri acara budaya Keduk Beji Tawun adalah Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, GKR. Koes Moertiyah Wandasari dari Keraton Surakarta, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Ngawi, Raden Rudi Sulisdiana, Forkopimcam Kasreman, dan perangkat Desa Tawun.

Menurut Wabup Ngawi dalam sambutannya, tradisi Keduk Beji merupakan salah satu bentuk pelestarian terhadap budaya lokal, yang terus dilakukan warga Tawun,
untuk menjaga sumber mata air yang ada di Sendang Tawun.

Di sisi lain, Dwi Rianto Jatmiko juga menghubungkan acara budaya tersebut dengan cerita rakyat setempat. Yaitu terkait hilangnya Raden Ludrojoyo, yang mengorbankan diri dengan bertapa, memohon kepada Yang Maha Kuasa menghidupkan mata air di desa Tawun. 

"Dan di awal tahun 2022 ini, sudah mulai dilakukan kembali, di mana selama 2 tahun yang lalu, sama sekali tidak ada kegiatan Keduk Beji di daerah Tawun. Sehingga pada kesempatan kali ini, warga begitu antusias mengikuti ritual demi ritual,"ujar Wagub Kabupaten Ngawi

Dengan situasi ini, Antok sapaan akrabnya, berharap kegiatan kedok Beji akan berdampak kepada pemulihan ekonomi kerakyatan khususnya di desa Tawun dan Kabupaten Ngawi. 

Sebenarnya tradisi Keduk Beji merupakan pembersihan sendang atau mata air Tawun dalam serangkaian prosesi adat, yang dilakukan oleh juru kunci atau sesepuh dari warga desa setempat yaitu, dengan juru kelinci melakukan "nyilem" atau menyelam kepada ke dalam mata air di Sendang Tawun.

Penulis: Qoni Makhfudoh
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Meruwat Kebhinekaan, Keduk Beji Desa Tawun Ngawi Gelar Rutinan Budaya

Trending Now