Tim Peneliti Batuta Institute Berhasil Mendapatkan Data di Barus

14 Agustus 2022 | 00.54 WIB Last Updated 2022-08-15T21:43:27Z

Keterangan Foto : Foto Bersama Camat Barus, Tokoh Masyarakat dan Tim Peneliti, Sumber gambar: dok.pri

ARTIKEL I JATIMSATUNEWS.COM: Dokumentasi berupa foto, beberapa dokumen dan wawancara telah berhasil didapatkan oleh Tim Peneliti Batuta Institute pada hari pertama penelitian di Barus, Sabtu 13 Agustus 2022.

Dokumentasi yang diabadikan adalah tugu 0 kilometer Peradaban Islam Nusantara dan pantai Barus yang cukup menarik dengan pemandangan berupa dermaga yang menjorok ke laut dan beberapa pulau yang berada di hadapan Pulau tersebut.

Sementara itu beberapa dokumen terkait dengan Barus didapatkan dari seorang tokoh masyarakat Barus yaitu Usman. Dari narasumber tersebut, peneliti mendapatkan beberapa dokumen berupa dokumen “Sejarah Raja-Raja Barus”, “Sejarah Masuknya Islam Ke Bandar Barus”, “Sejarah Ringkas Kota Barus-Negeri Tua dan berbagai dokumen lainnya.

Untuk narasumber yang berhasil diwawancara oleh Tim Peneliti diantara, Rahmat, anggota Masyarakat. Fauzi, Tokoh Muda Barus, Usman ahli sejarah Barus. Dengan bantuan dari seorang tokoh masyarakat, maka Tim juga berhasil mewawancara Camat Barus yaitu Khairunnisa.

“Untuk secara keseluruhan, narasumber yang diwawancarai memberikan informasi mengenai Kota Barus dengan dinamika yang dihadapinya juga berkaitan dengan masalah perebutan klaim awal peradaban nusantara antara Barus dengan Aceh” sebut Mursal Asmir.

“Sambutan yang diterima oleh Tim dari para Narasumber sangatlah baik, untuk itu Kami memberikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada narasumber yang budiman”, tutup Zamzami Tanjung.

Keterangan Foto : Wawancara dengan Fauzi, Tokoh Muda Barus


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Peneliti Batuta Institute Berhasil Mendapatkan Data di Barus

Trending Now