Ruwat Desa di Kaki Gunung Arjuno, Kades Datangkan Dalang Solo

Admin JSN
08 Agustus 2022 | 14.08 WIB Last Updated 2022-08-08T07:08:00Z
Ruwat Desa di kaki Gunung Arjuno
Kepala Desa datangkan Dalang dari Solo

MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Desa Girimoyo yang terletak di kaki Gunung Arjuno di bulan Suro tahun ini mengadakan acara bertajuk Ruwat Desa. Dengan harapan agar seluruh masyarakat Desa Girimoyo diberikan kesehatan dan dijauhkan dari segala bencana, apalagi setelah berada pada masa pandemi Covid-19. 

Japar Priyono selaku Kepala Desa Girimoyo berharap warganya dapat segera pulih secara ekonomi  dan sejahtera. Acara  diisi dengan Pagelaran Wayang Kulit bersama dalang Ki Pramuji Gunowinarso yang langsung didatangkan dari Solo.

 Pak Japar begitu  biasa disapa mengharapkan Desa Girimoyo menjadi desa yang Gemah Ripah loh jinawi Toto tentrem kertoraharjo.

Pagelaran Wayang kulit ini dilaksanakan di Dusun Ngambon bertempat di halaman Pasar Desa, sebuah pusat perekonomian desa yang dikelola oleh Bumdesa Girimoyo.  

Untuk  Dusun Genengan acara dilaksanakan tepat didepan Petren atau Punden yang tidak jauh dari Arca Lembu Andini berukuran besar serta beberapa benda cagar budaya berada. 

Rangkaian acara Ruwat Desa ini akan diakhiri dengan acara Pengajian Umum yg akan dilaksanakan di Dusun Karangploso.

Ruwat Desa ini diihadiri  oleh  Forkompincam Karangploso, Perangkat Desa, Jajaran BPD, LPMD ,PKK, Seluruh ketua RT/RW,  tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh Pemuda serta Pengurus dan  Karang Taruna dari tiga dusun.

Dengan antusias para tamu dan undangan serta warga desa  menghadiri acara yg diselenggarakan dua Hari berturut-turut mulai hari Sabtu dan Minggu, 6-7 Agustus 2022 meski tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.

Desa Girimoyo yang berada di segitiga emas pertemuan antara Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu serta jalur utama wisatawan baik domestik maupun mancanegara senantiasa ikut uri-uri warisan budaya leluhur yang adiluhung ditengah tantangan era digitalisasi dan modernisasi, dengan harapan masyarakat dan generasi muda tidak lupa akan budaya Nusantara yang penuh ajaran dan filosofi.

Kepala Desa yang baru dilantik 8 bulan lalu ini, berharap dengan Ruwat Desa, segala permasalahan atau keruwetan yg ada di desa dan masyarakat diberikan kemudahan dalam penyelesaiannya serta diberikan keamanan dan ketentraman.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ruwat Desa di Kaki Gunung Arjuno, Kades Datangkan Dalang Solo

Trending Now