Dr.Burhan, Nikmat Yang Sering Manusia Tertipu

Admin JSN
25 Juni 2022 | 17.30 WIB Last Updated 2022-06-25T10:32:35Z
Dr.Burhan, Nikmat Yang Sering Manusia Tertipu
ARTIKEL I JATIMSATUNEWS.COM: Pelaksanaan sholat Jumat di masjid Nurul Huda Bugul Lor kota Pasuruan pada tanggal 24 Juni 2022 menjadi istimewa, karena khatib khutbah tak lain adalah dr. Burhan,  Direktur RSUD Kota Pasuruan.

Khutbah kali ini mengangkat tema tentang nikmat.
Beliau menyitir pendapat Imam Ghazali yang menyatakan nikmat itu ada 3 macam :

1. Nikmat Shoghir, yaitu nikmat kecil yang di berikan kepada makhluk-makhluk Allah SWT pada umumnya, termasuk orang-orang yang tidak beriman kepada Allah SWT.
2. Nikmat Kabir, yaitu nikmat besar yang diberikan khusus kepada hamba-hamba Allah SWT yang beriman saja.
3. Nikmat Kamil, yaitu nikmat yang diberikan khusus kepada hamba-hamba Allah SWT yang beriman yang lulus ujian dan seleksi selama di dunia. Mereka inilah  akan mendapatkan balasan pahala yang sangat besar, yaitu masuk ke dalam surga Allah SWT. 

Beliau juga menyitir hadist Rasul Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori, ada nikmat manusia yang sering tertipu olehnya, yaitu nikmat sehat.

Manusia yang sehat terkadang masih kurang bersyukur kepada Allah SWT.
Padahal kalau kita perhatikan, bentuk fisik tubuh kita dari ujung kepala sampai kaki sudah sangat sempurna. Mulai dari susunan otak yang sempurna sampai panca indera manusia yang berfungsi menjalankan peran masing-masing demi kesatuan tubuh.

Manusia tumbuh dan berkembang mulai dari balita, anak-anak, remaja sampai dewasa.

Dalam Al Quran Surat Arrohman  ayat 1-13 Alloh SWT berfirman bahwa Allah SWT lah Dzat yang mengajari Alquran, yang menciptakan manusia. Maka nikmat Allah SWT yang mana yang manusia dustakan? Teguran Allah SWT ini sampai di ulang sebanyak 31 kali. 

Dalam QS. An Nahl ayat 18 : 
"Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang".

Dr. Burhan pada akhir khutbahnya mengajak jamaah untuk berusaha menjadi abdan syakuron, yaitu hamba yang selalu bersyukur atas nikmat-nikmat yg  diberikan Allah SWT. Baik itu nikmat yang ada pada diri sendiri maupun nikmat yang ada di sekitar. Dimana wilayah Indonesia yang terkenal dengan kekayaan alamnya yang bisa dipergunakan untuk kemakmuran rakyat.

Lee / SA
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dr.Burhan, Nikmat Yang Sering Manusia Tertipu

Trending Now