Mudik Lebaran 2022, Polresta Malang Lakukan Patroli Pemukiman untuk Amankan Rumah yang Ditinggal Pemiliknya

Admin JSN
04 Mei 2022 | 21.16 WIB Last Updated 2022-05-04T14:46:15Z
Patroli Pemukiman dilakukan Polresta Malang secara intensif terhadap rumah-rumah yang ditinggal pemiliknya untuk mudik Lebaran 2022.

MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Lebaran 1 Syawal 1443 H terasa istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat di Kota Malang. Ini dikarenakan, masyarakat sudah diizinkan untuk mudik Lebaran 2022.

Sudah dua tahun belakangan, sejak 2020, kegiatan rutin menjelang Lebaran tersebut tidak dapat terlaksana, karena laju penyebaran Covid-19 yang masih sangat tinggi. Ini yang membuat pemerintah tidak merekomendasikan pelaksanaan mudik saat Lebaran.

Namun, pada tahun ini, pemerintah melakukan kelonggaran. Salah satunya dengan mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan mudik Lebaran walaupun dengan syarat yang telah ditentukan, yakni penerapan protokol kesehatan dan pelaksanaan vaksinasi booster.

Berdasarkan izin tersebut, masyarakat pun berbondong-bondong melakukan mudik, termasuk masyarakat di Kota Malang. Karena itulah kemudian, agar pelaksanaan mudik tetap sehat, lancar, dan aman, Polresta Malang bersama instansi terkait melakukan Operasi Ketupat Semeru 2022.

Operasi ini dilaksanakan dengan pendirian beberapa pos pengamanan, pos pelayanan, dan termasuk melakukan Patroli Pemukiman secara intensif terhadap rumah-rumah yang ditinggal pemiliknya untuk mudik.

Guna menghindari tindak pidana pencurian rumah kosong, maka dilakukan antisipasi oleh personel Polresta Malang bersama instansi terkait dengan melakukan Patroli Pemukiman.

Seperti yang dilakukan oleh Aiptu Puji Laksono anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing bersama Babinsa Kelurahan Purwantoro Serma Hendra Irawan dan pihak keamanan setempat.

Kegiatan Patroli dilaksanakan di jam-jam rawan dengan menyisir setiap jalan dan gang untuk memastikan situasi aman dan kondusif.

Warga setempat juga menyambut baik terhadap pelaksanaan Patroli Pemukiman.

"Sesuai arahan Bapak Kapolresta Malang Kota, agar para Bhabinkamtibmas bekerja sama dengan Babinsa dan Pam Swakarsa dari masyarakat untuk melaksanakan patroli pada Pemukiman yang di tinggal mudik pemiliknya.

"Di Kelurahan Purwantoro kami meningkatkan intensitas Patroli Pemukiman guna menghindari atau mencegah terjadinya tindak pidana seperti pencurian rumah kosong, curanmor, dan tindak pidana lainnya," tutur Aiptu Puji.

Kapolresta Malang Kombes Pol. Budi Hermanto mengungkapkan, bahwa pada Operasi Ketupat Semeru 2022 selain mendirikan beberapa pos pengamanan dan pelayanan di beberapa tempat, juga meminta Bhabinkamtibmas untuk mendata rumah-rumah di wilayahnya yang ditinggal mudik pemiliknya.

"Kita lakukan penjagaan dan pelaksanaan Patroli Pemukiman guna menghindari tindak pidana sehingga masyarakat yang mudik tidak merasa was-was rumahnya ditinggal mudik," tegas Kombes Buher.

(Ali)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mudik Lebaran 2022, Polresta Malang Lakukan Patroli Pemukiman untuk Amankan Rumah yang Ditinggal Pemiliknya

Trending Now