Pawon Jamur Blitar , Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah Berkat Olahan Jamur yang Lezat.

Admin JSN
02 April 2022 | 19.07 WIB Last Updated 2022-04-02T12:58:20Z
Pawon Jamur Blitar , Sukses Bukukan Omzet Ratusan Juta Rupiah Berkat Olahan Jamur yang Lezat. 
BLITAR I JATIMSATUNEWS.COM: Memulai usaha dari kebun usaha yang ditekuni suami, kini perempuan asal Blitar ini sukses mempunyai brand yang terkenal hingga mampu membuka outlet untuk mengepakkan sayap usahanya, terutama di wilayah Blitar.

Berawal dari budidaya jamur tiram sang suami, Endah Purwantiyani terpantik inisiatif untuk memasarkannya ke khalayak umum. Baik melalui on line selling media sosial Facebook maupun instagram.

Tak dinyana, peminat jamur ternyata cukup banyak. Mendorongnya membuat aneka olahan jamur dan meningkatkan nilai jual jamur tiram. Segera dia beranikan diri mendirikan industri yang bergerak di bidang makanan berbahan dasar jamur. 

"Usaha budidaya jamur kami mulai dari tahun 2007. Memilih budi daya jamur karena jamur merupakan makanan sehat. Disamping itu pembudidayaanya tidak memerlukan tempat luas," cetus Endah, perempuan berhijab yang selalu tampil modus dan ramah. 

Perusahaan milik Endah beralamat di Jl DR Sutomo RT/RW 003/008 Beru Wlingi Blitar. Memasarkan langsung dari tempat produksi juga via media sosial. Dirrect sales, reseller maupun kemitraan. 

Sebuah teknik pemasaran yang jitu diimbangi dengan komitmennya untuk selalu memprioritaskan konsumen, serta terus meningkatkan kualitas produk menjadikan industri ini cepat berkembang.

"Pemasaran selama ini online  dan offline. Kami melayani Delivery order dan pengiriman pakai jasa ekspedisi. Untuk yang offline kami melayani di warung kami. Pada 12 Desember 2021 silam outler pertama kami buka di Jalan Suparyono Barat no. 15 Keningaran Bajang Talun Blitar. Kemudian untuk menjangkau masyarakat yang ada di kota Blitar dan agar mereka tidak perlu jauh-jauh datang ke talun maka outlet kedua kami buka 11 Maret 2022, tetap di kota Blitar," jelas Endah tentang Pawon Jamur yang makin berkembang.

Mengantongi NIB (Nomor Induk Berusaha) dan PIRT (Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga), usaha jamur milik Endah yang mempunyai  brand "Pawon Jamur" melebarkan sayap usahanya dengan membuka rumah makan pada bulan Desember 2020.

Masakan dari olahan jamur tiram segar hasil kebun sendiri ini ternyata mendapat respon positif. Banyak pengunjung berdatangan memenuhi warungnya di Jl Suparyono Barat no 15 RT/RW 001/003 Keningaran Bajang Talun Blitar. 

Mengusung nama Pawon Jamur, menu makanan yang disajikan juga bernuansa jamur. Sebut saja jamur bakar pedas, sate jamur, dendeng ragi jamur, empal jamur, rendang jamur, bahkan blendi jamur makanan khas Blitar pun tersaji. 

Tak hanya itu, aneka kudapan jamur pun tersedia, seperti lumpia ayam jamur, tahu isi jamur pedas, geprek jamur, abon jamur, keripik jamur.

Kreatifitas pengembangan produk makin luas. Kini aneka olahan jamur Pawon Jamur bisa dinikmati dalam bentuk frozen food. Ada rendang jamur frozen, empal jamur frozen dan blendi jamur frozen.

"Menjadi perusahaan terbaik dan paling digemari di Indonesia dengan meraih pangsa pasar sebaik-baiknya dalam industri makanan menjadi visi Pawon Jamur", cetus Endah berbinar.

 "Itu bisa dicapai jika kita bisa menyediakan menu yang khas dan sehat kepada masyarakat. Membuka gerai Pawon di banyak tempat agar mudah dijangkau banyak orang dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai produk jamur dan olahannya", lanjutnya.

Berbekal pengalaman kerja sebagai kepala bidang operasional di PT BPR Nusamba Wlingi selama 17 tahun, Endah memantabkan posisinya sebagai manager Pawon Jamur sekaligus merangkap tugas di bidang operasional, marketing serta administrasi dan keuangan. 

Keuletan dan ketekunannya membuahkan hasil. Kini Pawon Jamur sudah memiliki 2 outlet, 1 unit motor kendaraan operasional dan 4 karyawan dengan omset senilai Rp 217.599.799 sepanjang tahun 2021 silam.

Mengusung slogan "Ahlinya Olahan Jamur", Pawon Jamur bercita-cita menjadi brand jamur terkenal dalam industri makanan Indonesia, khususnya spesialisasi menu berbahan dasar jamur.

Pesan khusus dia sampaikan kepada Customer dan khalayak.
 
"Mari cinta diri kita dengan memberi asupan yang sehat untuk tubuh kita dan
Jadilah orang yang bermanfaat buat diri sendiri masyarakat secara luas."
Lee/Ans


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pawon Jamur Blitar , Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah Berkat Olahan Jamur yang Lezat.

Trending Now