Hari Bumi, Tanam Pohon Hingga Olah Sampah di Desa TPS Tenggilis Gondangwetan

Admin JSN
22 April 2022 | 09.35 WIB Last Updated 2022-04-22T02:41:02Z

Hari Bumi, Tanam Pohon Hingga Olah Sampah di Desa TPS Tenggilis Gondangwetan
PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM: Hari bumi pada tahun ini 2022 jatuh pada hari ini Jumat 22 April 2022. Bertemakan Invest in Our Planet atau yang dimaksud dengan investasi di planet kita. Peringatan ini mengajak orang-orang untuk menunjukkan dukungannya terhadap aksi perlindungan lingkungan. 

Mengusung tema "Invest in Our Planet", dan sub tema "Nature in the Race to Zero" juga menyorot pengurangan emisi gas rumah kaca untuk menjaga suhu global tetap di bawah 1,5 derajat celsius. 

Di desa Tenggilis, Kecamatan Gondangwetan peringatan diisi kegiatan bersih-bersih TPS pada 21 April 2022. Tepatnya sore hari menjelang berbuka puasa beberapa elemen organisasi dan masyarakat desa berkumpul di TPS desa Tenggilis. 

Diawali dengan bersih-bersih dan tanam bibit pohon mangga disekitar TPS, Tempat Penampungan Sementara. 

Kegiatan dihadiri oleh kepala desa Tenggilis, Hari Bumi, Tanam Pohon Hingga Olah Sampah di Desa TPS Tenggilis Gondangwetan. PJ Camat,  Dekan Fakultas Pertanian UNMER kota Pasuruan Akhmad Zainul Arifin, Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Pasuruan, SR CSR PT Tirta Investama Aqua Keboncandi Hari Wicaksono, Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan LPTP Surakarta Fahruzzaman dan masyarakat desa Tenggilis. 

Setelah selesai kegiatan tanam dan bersih-bersih semua undangan kumpul di balai desa Tenggilis. Menunggu suara adzan maghrib dikumandangkan ada beberapa serangkaian kegiatan. 

Kegiatan awal diawali sambutan Khidir PJ kepala desa Tenggilis. Khidir menyampaikan terimakasih atas support beberapa elemen masyarakat dalam peringatan hari bumi ini. 

"Saya sebagai PJ desa Tenggilis mengucapkan terimakasih banyak kepada elemen masyarakat dan beberapa organisasi yang sudah support kegiatan ini, semuga kegiatan peringatan hari bumi ini bisa kita laksanakan setiap tahunnya", tandasnya.

Sambutan kedua yaitu oleh A. Zainul Arifn  dekan fakultas pertanian Universitas Merdeka Pasuruan. Zainul menyampaikan bahwa kegiatan yang kita lakukan ini termasuk kegiatan ngaj, jadi ngaji dalam arti menimbah ilmu pengetahuan. 

Rangkaian kegiatan terakhir yaitu  sosialisasi pengelolaan sampah rumah tangga dengan cara budidaya magot yang disampaikan mahasiswa fakultas pertanian Universitas Merdek Pasuruan. Diakhiri dengan diskusi tanya jawab yang menarik.

Wahyu sebagai mahasiswa yang ikut acara,  kepada Jatimsatunews menyebut bahwa kegiatan merupakan kerjasama dengan banyak pihak, termasuk Unmer.
"Unmer menurunkan tim UKM budidaya Magot untuk sosialisasi kegiatan pengolahan sampah rumah tangga, dengan cara budidaya magot. Saya mahasiswa ikut nimbrung acara tersebut," tutur Wahyu Kamis 21/4/2022

Why
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hari Bumi, Tanam Pohon Hingga Olah Sampah di Desa TPS Tenggilis Gondangwetan

Trending Now