SURAT CINTA DALAM BAHASA MAKASSAR, BURAKNENGKU PUENA NYAWAKU (SUAMIKU BELAHAN JIWAKU)

Admin JSN
08 Maret 2022 | 16.47 WIB Last Updated 2022-04-08T02:51:16Z

                    OLEH:            
     HENNY TUNGGELENG,S.Si.            EVENT I JATIMSATUNEWS.COM: Kendari,Sulawesi Tenggara,
                     28 Pebruari 2022
                           
                          Kepada : 
                        ( Kepada )  
                  Buraknengku tercinta           
                  ( Suamiku tercinta )
                JOHNY SOETARJIE

Teruntuk buraknengku tercinta puena nyawaku.( Teruntuk suamiku tercinta belahan jiwaku ).Sallo namo erok kutulusik isi atengku mai rikatte nampai anne niak kesempatanku annulisik di bulan Februari pi bulan kasih sayang bede. (Sudah lama ingin kutulis isi hatiku padamu baru ada kesempatanku untuk menulis di bulan Pebruari ini bulan kasih sayang ) .

Tena kirasai allolokkie tempoa sagangki lewati asam garamna tallasak ri linoa.(Tidak terasa waktu berjalan kita bersama melewati asam garamnya kehidupan di dunia).Sinuku- nukukki sipakrua biasa sitekneangki biasa tong sibambangki.(Selalu berduaan biasa bermesraan biasa juga saling emosi).

Kamma mi anjo rikanayya akrumah tangga ya.(Sudah begitu namanya berumah tangga).
Biasa kammaki pelleng romantiska Romeo sagang Juliet biasa tong kammaki pelleng kartongnga Tom sagang Jerry.(Biasa kita seperti film romantis Romeo dan Juliet,biasa juga seperti film kartun Tom dan Jerry). 

Makkalak kale-kaleka punna kuukrangi  kammaia anjo..(Saya tertawa sendiri kalau ingat tentang semua itu).
Buraknengku sayang sukkurukki mai Karaeng Taala kuucapkan ri allo-allo karena kullei kilewati waktua sagang. Nampa baji-bajiji pakasiakta,sannang nyawata,lancar dalletta sagang saling kiisengmi sifatta jadi kullemaki saling paham ki.(Suamiku sayang kita bersyukur pada Tuhan karena bisa melewati waktu bersama dalam keadaan sehat-sehat,hati yang bahagia,rejeki yang bagus juga sudah saling mengetahui karakter masing- masing  jadi bisa saling memahami).

Kuukrangi waktuna pertama sibuntulukki lalu bayuangki .(Kuingat waktu pertama kali kita bertemu lalu pacaran).Lekbak anjo tena sallo nulamarma jadi bainennu.(Setelah itu tidak lama kamu melamarku menjadi istrimu).Anjo kenangan manis yang tena kulle kukaluppai ri tallasakku.(Itu kenangan manis yang tidak bisa kulupakan di hidupku).

 Nampaika sikali akbayuang langsungnga kungai- ngaiko lekbakna sibuntulukki.(Baru pertama kali saya pacaran, saya langsung tertarik kepadamu setelah bertemu). Nungai- ngai tongnga karena lekbakna anjo sibuntuluk nuteleponka (Kamu juga tertarik kepadaku karena setelah bertemu kamu menelponku) 
Akkutaknangko kulleja mai ri ballaknu jappa- jappa?(Kamu bertanya apa bisa ke rumahku jalan-jalan?).Kukana kulleji battumako riballaku jappa- jappa kujawab sagang siri-siri.(Saya bilang bisa datang ke rumahku jawabku dengan malu-malu).

Akhirnya seringmako battu riballak carita-carita.(Akhirnya kamu sering datang ke rumahku ngobrol-ngobrol).Ternyata  cocokki dan bayuangmaki.(Ternyata kita cocok dan akhirnya pacaran).Anjo rikana cinta pertama bersemi bede.(Ini dinamakan cinta pertama bersemi).

Lattomi nakana tauwwa.( Sudah jadian kata orang). Buraknengku terima kasih karena selama buntingki kullei nuisseng sagang numengerti taungku , bertanggung jawabko sagang nujagai pakasiakku.( Suamiku terima kasih karena selama menikah kamu tahu dan mengerti jiwaku,bertanggung jawab juga selalu menjaga perasaanku).Nakke juga selalu berusahaka jadi baine paling bajikka untuk buraknengku tercinta.( Saya juga sebagai istri selalu berusaha menjadi wanita yang paling terbaik untuk suamiku tercinta).

Sagang jadi amma yang paling bajik untuk anak- anakta sallang.(Juga menjadi Ibu yang terbaik untuk anak – anak kita kelak).

Buraknengku sayang lalang buntingta pinsiapanga jatuh cinta rikau karena bajik nyawanu.(Suamiku sayang dalam perkawinan kita aku jatuh cinta berkali- kali  padamu karena kebaikan hatimu).Kupala ri Karaeng Taala semoga rumah tangga ta selalu sannang ngi,bahagia ,jai dalletta,sehat-sehatki,lakbui umurutta ,baji nyangaseng anak-anakta sagang minasa baji nyangaseng rikatte siagang ripurinanta sikalompoang.
(Aku berdoa pada Tuhan semoga rumah tangga kita harmonis,bahagia,banyak rejeki,sehat-sehat,panjang umur,baik untuk  anak- anak juga untuk  kita berdua beserta keluarga besar).
      
            Battu belahan nyawamu
            ( Dari belahan jiwamu )
     Bainennu yang sangat nacintaiko
  ( Istrimu yang sangat mencintaimu )
      HENNY TUNGGELENG,S.Si.
          




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SURAT CINTA DALAM BAHASA MAKASSAR, BURAKNENGKU PUENA NYAWAKU (SUAMIKU BELAHAN JIWAKU)

Trending Now