Running in the Rain, Tiga PC Lembaga NU Dikukuhkan

Admin JSN
31 Maret 2022 | 19.39 WIB Last Updated 2022-04-08T02:46:37Z
MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: 31 Maret 2022 Lembaga-lembaga PCNU Kabupaten Malang terus berlari, saling berkejaran dengan waktu. Setelah lima lembaga melaksanakan pengukuhan, kini tiga lembaga menyusul dikukuhkan. Acara yang dilaksanakan di halaman MAN Malang 1, Kabupaten Malang, dinotori Ketua Lembaga LWPNU, yang diikuti LPNU dan LAZISNU. 
Pengukuhan dilaksanakan langsung  Ketua PCNU, KH. Hamim Kholili, dan disaksikan Pengasuh Pesantren al-Rifa'i 2, Dr. KH. Ahmad Muflih Azam, SE., MM., yang juga sebagai Wakil Rois Syuriyah PCNU Kabupaten Malang.

Dalam kesempatan sambutan Ketua LWPNU, Tri Waluyo, menyampaikan tiga prioritas pada periode ini. "Literasi wakaf menjadi prioritas pertama dalam tahun ini," kata Ketua Lembaga yang tanpak sangat energik itu. Sebab, katanya lebih lanjut, literasi akan menjadi penggerak bagi masyarakat mengurus tanah wakafnya secara mandiri. "Sebagai lembaga yang menjadi tuan tanah di PCNU Kabupaten Malang, LWPNU akan terus mendorong agar tidak ada persoalan perwakafan lagi." Menurut dia, ada beberapa tanah wakaf di lingkungan NU yang beralih status menjadi tanah wakaf ormas lain. Itulah sebabnya, dia bertekad akan menjadikan amanah ini sebagai sarana untuk menyelesaikan berbagai persoalan perwakafan dengan bekerjasama dengan lembaga lain yang berhubungan. "Burung Glatik, Burung Grejo, setelah dilantik harus terus kerjo" katanya disambut dengan tawa dan tepuk tangan hadirin.

Sambutan Lazisnu disampaikan langsung oleh Ketua Lembaga yang bergerak dalam urusan filantropi ini. Lazisnu akan diupayakan untuk terus meningkat setelah dibangun oleh Pengurus Lazisnu periode sebelumnya, kata Masruri. 

"Beberapa capaian Lazisnu yang sudah diantarkan Pengurus Petiode sebelum ini, harus dipertahankan, bahkan kalau bisa hatus ditingkatkan," kata lelaki alumni Pondok Pesantren al-Falah Ploso tersebut. Dengan dukungan doa dan arahan para kyai, dia juga bertekad akan melanjutkan gerakan sedekah seribu yang sudah dijadikan sebagai percontohan Lazisnu nasional.


Sementara itu, Ketua LPNU, Agus Fajri, bercita-cita untuk menjadikan LPNU PCNU Kabupaten Malang sebagai penggerakan ekonomi masyaralat mahdliyyin, terutama untuk kalangan ekonomi menengaj ke bawah. 
"Lebih khusus lagi, pengembangan ekonomi emak emak di Kabupaten Malang." Kata lelaki yang pernah aktif di MWCNU Bululawang itu. 
Untuk menggerakkan roda ekonomi jama'ah NU, Gus Fajri, panggilan akrab Ketua LPNU, akan bekerjasama dengan beberapa lembaga yang berarsiran dengan gerakan ekonomi, terutama beberapa Dinas Kabupaten Malang.


Di bawah curahan rintik hujan, setelah masing-masing Ketua Lembaga memberikan sambutan secara bergiliran, Ketua PCNU berharap agar dalam semangat yang menggebu, Lembaga tidak bokeh meninggalkan PCNU. 
"Kalau dilihat dari semangatnya, saya khawatir Lembaga meninggalkan PCNU," Kata Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Putukrejo itu. 
"Tapi jangan meninggalkan PCNU, nggih, Pak." Imbuhnya diikuti tawa dan tepuk tangan hadirin. 
Gus Hamim, panggilan akrab Ketua PCNU Kabupaten Malang, juga berharap agar sinergi yang menjadi tema manajemen tahun ini, biaa menjadi salah satu jalan menuju kebersamaan gerakan mencapai visi dan misi, sampai kemudian PCNU Kabupaten Malang, dapat meraih ridla Allah swt di bawah barokah para muassis Nahdlatul Ulama, khususnya Syeikh Hasyim Asy'ari. 
Setelah sambutan Ketua, KH. Muflih menutup dengan do'a.

Setelah acara usai, Lazisnu selanjutnya melaksanakan serah terima jabatan dengan Pengurus Lazisnu periode sebelumnya. Dalam kesempatan itu, diserahkan rekening dan beberapa aset lain oleh Pengurus lama pada Pengurus Lazisnu yang baru.


Terakhir, Pengurus baru Lazisnu memberikan Piagam Penghargaan atas dedikasi dan pengabdian Ketua Pengurus Lazisnu periode sebelumnya.  "Semoga Allah memberikan pahala dan menjadikan pengabdian ini sebagai wujud pengabdian pada Allah swt."


Kegiatan serah terima dan penyerahan aset dari periode sebelumnya pada periode saat ini adalah kebutuhan mutlak demi keberlanjutan perjuangam. Gus Hamim berharap tradisi baik ini segera diikuti oleh PC Lembaga Kabupaten Malang lainnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Running in the Rain, Tiga PC Lembaga NU Dikukuhkan

Trending Now