Riyanto, Pelukis Batik Nusantara di Pameran Lukis Lesbumi Jatim

Admin JSN
23 Maret 2022 | 12.45 WIB Last Updated 2022-04-08T02:46:37Z
             Pukis HM Riyanto
SIDOARJO I  JATIMSATUNEWS.COMP: HM Riyanto, menjadi bintang dalam ajang pameran Lukisan Festival Seni santri dan Pasar Rakyat yang berlangsung di Pendopo Dinas Pemuda, Olahraga Sidoarjo.

Menjadi salah satu yang disuguhlan oleh PW, Pengurus Wilayah Lesbumi,  Lembaga Seni dan Budaya Muslimin Indoneisa hingga hari ini,  Rabu 23/3/2022.

Sebuah gelaran yang dimulai sejak tanggal 18 dan akan terus berlangsung hingga 28 Maret 2022 mendatang.

H M Riyanto sendiri merupakan seorang pelukis santri alumni Pondok Pesantren Raudlatut Tholubin Tambak Osowilangun, Surabaya yang diasuh oleh kakak ipar KH Mustofa Bisri atau Gus Mus yakni KH Muhammad Bashori Mansyur.

“Dipameran ini saya membawa dua lukisan. Pertama lukisan yang saya beri judul With Hardship Goet Easy. Lukisan ini saya buat pada akhir 2021 kemarin,” katanya kepada Jatim Satu News. 

Dalam deskripsiya lukisan pria asal Kabupaten Gresik ini tertulis, Al-Qur’an surah Al-Insyiroh memberikan petunjuk dari Allah bahwa disetiap. 

Karya kedua Riyanto adalah sebuah lukisan berbentuk HP yang menggambarkan Isra Mi’raj.

Pria asli dari Kabupaten Gresik ini sering mengajar di Pemkot,  Pemerintah Kota Surabaya untuk mematangkan peserta yang akan mengkikuti  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

“Harapan saya untuk Lesbumi yang saat ini berumur 60 tahun adalah tetap menjaga budaya Indonesia.  Lalu kalau bisa lebih kompleks acaranya, khususnya pameran lukisan lebih di lebarkan dari masing masing daerah supaya banyak pesertanya,” ungkapnya.

Selama menjadi pelukis, sejak 1991 dia mulai mengikuti pameran lukisan di Yogyakarta. Riyanto memiliki segudang pengalaman. Yang paling membanggakan bagi dirinya adalah saat lukisannya di ambil oleh KH Said Aqil Siradj ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) 2010-2021. 

Lukisan yang diambil Kiai Siad adalah kaligrafi Asmaul Husna dengan mengusung tema  batik Nusantara dalam Islam Nusantara.

“'Waktu pameran beliau (Kiai Said)  mengatakan di depan hadirin dan peserta pameran,'Lukisan ini akan saya pasang di rumah saya'",” kisahnya menirukan ucapan Said Aqil. siradj.

Sebagai seorang santri, Riyanto sebelum memaperkan lukisannya untuk pembahasan tema selalu minta pendapat kepada KH.Chotib Hambari putra KH.Muhammad Bashori Mansyur.

“Saat ini lima lukisan saya juga dipamerkan di Malaysia,” pungkasnya.

caption : Riyanto berbaju putih bersama KH Zainal Abidin bersarung (ketua PCNU Sidoarjo. Lukisan samping kiri da tengah adalah lukisan Riyanto
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Riyanto, Pelukis Batik Nusantara di Pameran Lukis Lesbumi Jatim

Trending Now