Studi Wisata Satria Emas Ke Balekambang, Inspirasi Kerajinan Kerang dan Fashion Wisata Untuk UMKM Kab.Pasuruan

Anis Hidayatie
01 April 2021 | 05.22 WIB Last Updated 2021-03-31T23:33:03Z
MALANG I JATIMSATUNEWS.ONLINE: Studi Wisata Satria Emas Ke Balekambang, Inspirasi Kerajinan kulit kerang dan usaha Fashion untuk Kabupaten Pasuruan

Rabu 31 Maret kemarin 2021 pendamping UMKM Kabupaten Pasuruan Satria Emas, Pusat Strategi dan Layanan Ekonomi Maslahat mengadakan kegiatan Study Wisata ke Balekambang.

Bertujuan melihat kegiatan UMKM yang mengadakan usaha di sebuah lokasi untuk daerah wisata. 

Balekambang dipilih karena tempat ini tak pernah sepi. Akses mudah dan memang sudah terkenal keberadaanya di pantai Balekambang.

Dwi (memegang pigura) dan Musdalifah koordinator Satria Emas
Tempat pertama yang dikunjungi adalah kerajinan kulit kerang yang terletak di pintu masuk pura. Dwi, pengrajin setempat, memberitahu cara melakukan usaha, mulai membuat kerajinan hingga menjualnya. Satria Emas juga diberi kesempatan mempraktekan.


" Kerajinan kerang ini inspiratif, bisa diterapkan di Kabupaten Pasuruan yang mempunyai banyak pesisir," tutur Musdalifah, koordinator Satria Emas.

Usai melihat kerajinan kerang, jelang pulang di pintu masuk rombongan mampir ke gerai fashion khas Balekambang Rodjabi. Beragam item ditawarkan pada pembeli. Toko pakaian dengan usaha sendiri atas design bertulis Balekambang ini menumbuhkan ide membuat serupa di tempat-tempat wisata lain yang ada di Pasuruan.

Khoirul
"Bisa kami tiru ide membuat design nya. Produksi kami serahkan pada produsen kaos yang banyak di Kabupaten Pasuruan," jelas Aminoto, pendamping UMKM Gempol setelah mendapat paparan dari Khoirul tentang usaha fashion miliknya yang mempunyai 5 gerai di lokasi Balekambang.

Sementara itu Yasdi  Kepala Unit Balekambang di tempat terpisah mengatakan bahwa di lokasi wisatanya prioritas usaha diberikan kepada pelaku UMKM . Baik untuk membuka lapak maupun kesempatan berusaha.


"Balekambang sangat mendukung warga melakukan kegiatan ekonomi di area wisata. Hal ini untuk memberi kesempatan pada warga memperoleh manfaat dari kehadiran lokasi di Balekambang," kata Yasdi.

Rombongan Satria Emas kembali ke Pasuruan setelah menikmati  matahari terbit yang muncul saat senja sore itu. 1/3/2021 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Studi Wisata Satria Emas Ke Balekambang, Inspirasi Kerajinan Kerang dan Fashion Wisata Untuk UMKM Kab.Pasuruan

Trending Now