Renewable Energy, untuk Desa Sidodadi oleh Mahasiswa KKN Tematik Teknik Elektro UM 2021

Anis Hidayatie
01 April 2021 | 17.05 WIB Last Updated 2021-04-01T10:05:16Z
MALANG I JATIMSATUNEWS.ONLINE: Mahasiswa KKN Tematik Teknik Elektro UM  2021 Lakukan Sosialisasi dan Edukasi Renewable Energy di balai desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang Sabtu kemarin,27/3/2021.

Hal itu dilakukan dalam rangka mewujudkan Desa Sidodadi Menuju Mandiri Energi.

Sidodadi memiliki potensi untuk pengembangan energi terbarukan (renewable energy). Potensi Renewable Energy yang ada di Desa Sidodadi diantaranya Potensi Energi Biogas, Potensi PLTMH, Potensi PLTS, dan Potensi Energi Bayu.  

Sosialisasi dan edukasi dilakukan agar masyarakat mempunyai alternatif pemanfaatan  potensi energi alam  untuk menunjang kelangsungan kehidupan masyarakat, khususnya pada bidang  pembangkitan energi listrik, sehingga kebutuhan listrik tidak hanya bergantung pada PLN saja.

Langkah awal, tim KKN UM Tematik Teknik Elektro melakukan penyusuran di sepanjang aliran Sungai Brantas Desa Sidodadi, Kamis (4/3/2021). Terlihat  jelas kurangnya pemanfaatan renewable energy pada limbah kotoran sapi dan limbah ampas tahu  yang menumpuk di aliran sungai bagian hulu. Selain sungai menjadi keruh dan kotor, bau yang ditimbulkan juga dapat menggangu saluran pernapasan. 

Acara sosialisasi dan edukasi dihadiri oleh dosen pembimbing lapangan, ketua RT, Imron, Perangkat Desa Ernawanto dan pemuda karang taruna yang memiliki keahlian dalam bidang elektro. 

Pemateri utama sosialisasi adalah  Yuni Rahmawati, dosen pembimbing lapangan. Sedangkan pemateri pada edukasi pemanfaatan renewable energy adalah Yoga Prasetya dan Tobibul Mahbub.

Antusias, beberapa pertanyaan diajukan oleh pemuda karang taruna. Selain sosialisasi mengenai renewable energy, panitia juga melakukan edukasi tentang tenaga surya sebagai Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS). 

PJUTS yang merupakan Program kerja KKN tematik di Desa Sidodadi sudah terpasang di Dusun Sumantoro Desa Sidodadi dengan tiga titik cabang dalam satu tiang. Dilakukan pada Sabtu (20/3/2021).

Kepala Desa Sidodadi, Ernawanto menuturkan bahwa Desa Sidodadi memiliki banyak potensi energi alam.

"Saya berharap program ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi warga Desa Sidodadi.  Masyarakat dapat  memahami pemanfaatan renewable energy. Baik cara perakitan, operasional, dan maintance PJUTS yang sudah terpasang di Sumantoro," tutur Ernawanto.

“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi program kegiatan ini. Sekarang untuk menuju Dusun Sumantoro sudah ada akses penerangan jalan. Semoga kegiatan mempelajari cara perakitan, operasional, dan maintance PJUTS bisa diwujudkan dan dilanjutkan oleh kita masyarakat setempat demi  Desa Sidodadi menuju desa mandiri Energi ,” lanjut Ernawanto.

Sementara itu, Yoga Prasetya selaku koordinator desa sekaligus pemateri pada edukasi mengenai PJUTS, menuturkan program kerja ini dapat bermanfaat  kedepannya. Sehingga peserta yang hadir dalam kegiatan ini dapat mendirikan PJUTS secara mandiri. Walaupun KKN Tematik Teknik Elektro UM 2021 telah berakhir.

"Saya sangat berharap  program kerja sosialisasi dan edukasi renewable energy untuk menjadikan Desa Sidodadi menuju mandiri energi , bisa terwujud," jelas Yoga.

"Dampak positifnya, pemuda Desa Sidodadi  dapat terampil khususnya dalam bidang elektro. Mampu menjadi kegiatan positif yang dapat mengisi waktu luang, bermanfaat jangka panjang, untuk keberlangsungan energi listrik yang lebih efisien dalam upaya manajemen energi listrik", lanjut Yoga menambahkan penjelasannya tentang renewable energy di desa Sidodadi, Ngantang itu.

Kontributor,  Silviana Wanda Fentia
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Renewable Energy, untuk Desa Sidodadi oleh Mahasiswa KKN Tematik Teknik Elektro UM 2021

Trending Now