Sambut Ramadhan, NU Care -Lazisnu MWC NU Candi Akan Gelar Madrasah Amil

Anis Hidayatie
22 Maret 2021 | 11.07 WIB Last Updated 2021-03-22T04:07:27Z
SIDOARJO I JATIMSATUNEWS.ONLINE: Sabtu, 20/03/2021kemarin  NU Care -Lazisnu MWC NU Candi adakan rapat persiapan pembentukan panitia Madrasah Amil LAZISNU di rumah Nur Salim. 

Hal ini untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan kebutuhan Amil Syar’i yang sudah sesuai dengan ketentuan syariat Islam dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sangat penting. Untuk itu demi menunjang tugas dan fungsi Amil, maka perlu dibekali ilmu yang mumpuni. "Sebagai wawasan pengetahuan agar Amil dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan dan membawa perubahan besar dalam tata cara pengelolaan manajemen ZIS ,Zakat, Infaq, Sedekah," jelas M. Thoifin, SH, Ketua Panitia Madrasah Amil NU CARE - LAZISNU Kecamatan Candi 

 Kegiatan “Madrasah Amil’ akan diadakan hari Ahad tanggal 28 Maret 2021 bertepatan dengan tanggal 14 Sya’ban 1442 H di Aula Kantor MWC NU Candi Jalan Raya Candi No. 16 Candi Sidoarjo. 

Narasumber yang akan dihadirkan dalam ‘Madrasah Amil’ di Kecamatan Candi ini diisi oleh Luqman Hakim, S.Th.I selaku Manajer SDM Cabang NU Care- LAZISNU Sidoarjo yang menjabarkan materi tentang Undang Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat, Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 255 Tahun 2016 Tentang Pemberian Izin Kepada LAZISNU Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional, Modul Madrasah Amil, dan Pedoman Administrasi LAZISNU.

Materi lain adalah bagaimana cara menyusun rencana kerja LAZISNU dalam setahun, bagaimana cara penanganan ZIS yang baik, bagaimana cara menghitung Zakat Maal berbasis software khusus, bagaimana cara membuat laporan ZIS, praktek dilapangan seperti apa dan kendalanya apa saja, bagaimana cara memberikan kepercayaan di masyarakat, bagaimana cara memecahkan problem dilapangan yang dihadapi amil (problem solving).

 Akan disampaikan oleh Haji Nur Salim, ST yang sudah 10 (sepuluh) tahun mengelola ZIS (Zakat, Infaq dan Sedekah) Ranting NU Kebonsari yang sudah membuahkan hasil dengan mendirikan panti asuhan yang menangani sekitar 80 anak yatim piatu dhuafa, mendirikan balai pengobatan, mengadakan mobil operasional Banom-Lembaga, menghadirkan grup drumband kader-kader millenal dan prestasi gemilang bersama kader lainnya. " Dia juga berhasil membawa Ranting NU Kebonsari Juara I PCNU Sidoarjo Award 2018 dan Juara I PWNU Jatim Award 2018,” jelas Thoifin yang juga Instruktur GP. Ansor Cabang Sidoarjo.


Sementara itu, M. Fian Andrianto, S.KOM selaku Sekretaris UPZIS NU Care-LAZISNU Kecamatan Candi berharap, setelah mengikuti pelatihan ini semua pengurus LAZISNU yang belum aktif bisa lebih progresif menggerakkan di rantingnya masing-masing.
 
"Nantinya MWC Candi beserta 24 (dua puluh empat) Ranting NU, bisa sinergi program dan kegiatan, bisa mandiri, bisa berdaulat secara ekonomi dan juga kuat dalam ideologi" pungkas Fian

Kontributor : Nur Salim

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sambut Ramadhan, NU Care -Lazisnu MWC NU Candi Akan Gelar Madrasah Amil

Trending Now